Foto Udara 2

5 03 2010

APLIKASI FOTO UDARA

DALAM PERENCANAAN SABO

A. Pengertian Sabo

Sabo berasal dari “sa” = pasir, dan “bo” = pengendalian. Artinya kurang lebih adalah pengendalian pasir. Tetapi secara umum Sabo merupakan suatu sistem penanggulangan bencana alam akibat erosi dan sedimentasi. Termasuk erosi dan sedimentasi yang disebabkan oleh adanya lahan hujan, redimen luruh, tanah longsor, dll.

B. Aplikasi Foto Udara Dalam Perencanaan Sabo

Dalam perencanaan Sabo, foto udara banyak dipergunakan untuk survey laboratorium dan survey lapangan. Dengan tersedianya foto udara akan lebih membantu dalam perencanaan dan survey, terutama pada daerah yang sulit ditinjau.

Survey – survey yang dilakukan antara lain :

  • Survey Topografi

Berguna dalam membantu pembuatan peta detail lokasi pembuatan Sabo dan membantu dalam membuat sayatan memanjang dan melintang yang kemudian memberikan kenampakan morfologi.

  • Survey Geologi

Berguna untuk interpretasi kondisi geologi agar lebih cepat ditafsirkan. Dalam hal ini dapat berupa keadaan morfologi, batuan, dan struktur geologi.

  • Survey Hidrologi

Dengan foto udara maka dapat diinterpretasikan dimana daerah yang potensi akan air, baik air permukaan maupun air tanah. Kegunaan lain adalah untuk keperluan mengetahui fluktuasi dasar sungai, jumlah material yang akan diangkut, dll.

  • Survey Tempat Bahan Bangunan dan Tempat Buangan Hasil Galian

Tempat bahan bangunan seperti batupasir, kerikil, dan lainnya dapat diamati dari foto udara. Hal – hal tersebut dari foto udara akan memberikan kenampakan rona yang berbeda – beda, sehingga memudahkan dalam menentukan Sabo dekat bahan galian. Kemudian dari hal diatas tadi, memudahkan kita dalam penentuan tempat pembuangan bekas bahan galian. Sehingga dapat dipilih tempat yang luas dan tidak menggangu lingkungan.

  • Survey Transportasi

Hal ini untuk pembuatan jalan menuju lokasi pembuatan Sabo. Dari foto udara dapat mengamati aspek geomorfologi dan kondisi geologi, sehingga jalan yang hendak dibuat dapat aman dari longsoran tanah.

  • Survey Lingkungan

Pembuatan Sabo tentu akan menimbulkan dampak positif dan negatif bagi lingkungan sekitar. Kegunaan survey lingkungan ini adalah untuk penentuan daerah bahaya aliran longsor redimen luruh. Selain itu agar dapat meminimalisir dampak negatif, dan menambah dampak positif yang akan ditimbulkan.


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: