Pemetaan Geomorfologi

4 12 2009

PEMETAAN GEOMORFOLOGI

DAERAH IMOGIRI – PUNDONG – PANGGANG

KABUPATEN BANTUL – GUNUNGKIDUL

SARI

Pada peta daerah pemetaan geomorfologi  tersebut terdapat empat satuan geomorfologi  yang masing-masing mempunyai aspek potensi positif seperti sesumber maupun potensi negatif seperti bencana alam. Empat satuan geomorfologi tersebut  antara lain satuan dataran teras, satuan dataran banjir, satuan perbukitan tersesarkan dan satuan perbukitan kars.

Pada satuan dataran teras dengan kelerengan daerahnya yang rata atau hampir rata serta melimpahnya persediaan air, maka daerah sangat tepat untuk daerah pemukiman . Melihat keadaan tanahnya yang subur karena merupakan hasil endapan material vulkanik dalam hal ini dominan dari endapan gunungapi Merapi muda, maka daerah ini juga sangat baik untuk dimanfaatkan sebagai areal persawahan. Dengan dataran yang landai dan daerah pemukiman , maka bencana yang mungkin terjadi tidak ada.

Pada satuan dataran banjir yang masih terpengaruh proses fluvial dalam hal ini Sungai Opak dan sungai Oyo. Air yang ada sebagai sumber kehidupan, pengairan, dll. Pertambangan dalam hal ini pertambangan bahan galian C dapat dikembangkan dengan adanya material-material hasil transportasi air sungai yang berupa batu-batu yang berukuran kerikil sampai kerakal atau bongkah serta pasir yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan bangunan. Pontensi negatif yang ada adalah bencana banjir dan gerakan massa yang dalam hal ini longsoran.Di lapangan, dijumpai jalan yang ambles sisi utaranya karena longsoran.Tepatnya di sebelah selatan kali Opak, daerah Karangasem.

Pada satuan perbukitan tersesarkan yang mempunyai litologi batuan berupa batuan beku yang kompak dan keras seperti agglomerat dan breksi, maka batuan tersebut dapat dimanfaatkan sebagai bahan bangunan. Daerah perladangan juga memungkinkan untuk diadakan di bentang alam ini. Pemukiman juga bisa didirikan walau kurang efektif karena kelerengan daerahnya yang terjal. Potensi negatif yang ada bencana gerakan massa seperti tanah longsor yang didasari pada kelerengan terjal tersebut. Pada keadaan di lapangan juga didapati beberapa titik longsor seperti rockfall.

Pada satuan perbukitan kars yang mempunyai karakteristik unik dan pola penyaluran yang khas seperti adanya kenampakan mogote, menara kars, kerucut kars, dan pola penyaluran multibasinal, tak lupa uvala dan doline. Keunikan tersebut merupakan hasil dari proses pelarutan batuan ( batugamping). Hasil dari proses pelarutan tersebut memungkinkan terbentuknya sungai bawah tanah dengan dan gua-gua. Gua – gua yang terbentuk dapat dimanfaatkan sebagai obyek wisata ( geowisata ),Pada keadaan di lapangan gua yang ramai dikunjungi adalah Gua Cerme yang berada di Imogiri. Gua pada daerah kars mempunyai keunikan yaitu terbentuknya sungai bawah tanah, serta beberapa ornamen gua ( spheleothems ) berupa stalaktit, stalakmit, dan pilar. Pada batugamping juga sering dijumpai fosil yang dapat digunakan sebagai informasi paleontologi. Sungai bawah tanah juga dapat dimanfaatkan sebagai sumber air. Pada kenampakan di lapangan dijumpai inflow yang merupakan tempat masuknya air (air hujan) yang nantinya keluar di tempat yang lain,inflow yang dijumpai ada pada salah satu doline. Doline yang dijumpai  dimanfaatkan masyarakat daerah sekitar sebagai areal persawahan, tempat penampungan air hujan yang nantinya dapat untuk irigasi dan air.

Batugamping yang menyusun daerah kars dapat dimanfaatkan sebagai bahan bangunan untuk campuran semen dan bahan campuran pembuatan cat tembok, serta dapat dimanfaaatkan pula sebagai pembersih botol minuman ( keprus ), yang banyak digunakan dalam bidang industri. Aspek bencana geologi yang mungkin terjadi adalah amblesan tanah tiba – tiba, karena daerah kars tidak stabil akibat dari proses pelarutan batugamping. Apabila daerah ini dijadikan sebagai pemukiman, harus diperhitungkan secara akurat, agar tidak terjadi bencana.


Actions

Information

One response

13 03 2010
jovi

kalo selain tentang pemetaan geomorfologi, ada pemetaan lagi gak?? saya sangat membutuhkan informasinya. thx

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: