Referat

24 11 2009

PENGEMBANGAN DAN PENGELOLAAN

SESUMBER AIRTANAH DI PULAU KECIL

SARI

Sesumber airtanah pada setiap daerah tidaklah sama satu dengan yang lainnya. Pulau kecil memiliki ciri khas tersendiri yang membedakan dengan pulau sedang dan besar. Menurut Falkland (1990) pulau – pulau kecil terutama di daerah beriklim tropis dan zona tektonik yang aktif, mempunyai karakter beragam dan khas dalam hal iklim, geologi, geomorfologi, dan biota. Pulau kecil memiliki sistem hidrogeologi dan memiliki masalah keadaan, pengembangan, serta  pengelolaan sesumber air yang khusus yang membedakannya dari pulau sedang dan besar. Kebanyakan pulau kecil mempunyai keterbatasan dalam potensi sumber daya air.

Karya referat ini membahas tentang pengembangan pulau-pulau kecil dengan mempertimbangkan faktor kebijakan yang komprehensif, integral dan tepat, sesuai dengan keberadaannya sebagai kawasan yang memiliki permasalahan, potensi dan karakteristik yang khas. Pengelolaan sumberdaya air di pulau kecil yang ditujukan untuk mendapatkan air dalam jumlah cukup dan dengan kualitas yang baik bagi berbagai penggunaan juga dibahas dengan mempertimbangkan keberadaan dan ketersediaan air tawar, serta pelestarian sesumber airtanah.

Berdasarkan evaluasi hidrogeologi, diperlukan adanya pengembangan sesumber airtanah yang meliputi wadah, pergerakan, dan eksplorasinya & pengelolaan sesumber airtanah yang meliputi penggunaan dan pemeliharaannya. Hal ini untuk pencapaian tujuan pengurangan persoalan pulau kecil, yaitu keterbatasan dalam potensi sumber daya air. Meski curah hujan tinggi, pulau kecil hanya memiliki beberapa bahkan tidak memiliki sungai permanen, danau, dan mata air yang berfungsi sebagai water storage. Sistem distribusi air juga harus terkonsep dan teroperasi berdasarkan oleh kebutuhan air. Dalam eksplorasi airtanah, ahli geologi membutuhkan studi geologi, dan geomorfologi. Selain itu irigasi pertanian merupakan bagian paling besar dalam penggunaan airtanah. Sisanya untuk konsumsi manusia, industri, dll. Serta pemeliharaan sesumber airtanah pun digunakan  untuk mengkonversi (mengubah) air dari airtanah (mentah) ke air yang dapat di konsumsi.


Actions

Information

3 responses

30 11 2009
syahdan

mantap bro referatnya

30 11 2009
debriadi

itu karena pentingnya air bagi kehidupan, makanya dibuatlah bahasan airtanah. hhahhahha

8 12 2009
cah bagus

ki lumayan lahhhh,,,,
lanjut gaaaaaannnn

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: