Penelitian Geologi Teknik dan Lingkungan

3 11 2010

Penelitian Geologi Teknik dan Lingkungan

Kecamatan Mojo dan Kecamatan Semen Kabupaten Kediri

 

KESIMPULAN

Berdasarkan hasil penyelidikan Geologi Teknik dan Lingkungan di Kecamatan Mojo dan Kecamatan Semen, Kabupaten Kediri di lapangan dan pengolahan data-data yang ada dan yang diperoleh maka dapat diambil beberapa kesimpulan mengenai rekomendasi yang akan dianjurkan bagi pihak yang berkepentingan guna dapat dijadikan pedoman untuk melakukan pengembangan wilayah berdasarkan pada kondisi geologi.

  1. Dari hasil penyelidikan lapangan dan kompilasi data yang telah ada, wilayah penelitian memiliki potensi sumberdaya geologi berupa Bahan Galian Golongan C (pasir dan batu) yang berlimpah. Selain bahan galian, wilayah penyelidikan juga memiliki potensi berupa objek wisata.
  2. Berdasarkan hasil penyelidikan lapangan dan kompilasi data sekunder, beberapa  bencana geologi yang mengancam wilayah penelitian diantaranya adalah : Erosi, Gerakan Tanah, Erupsi Gunung Api, dan Banjir.

Secara khusus arahan rekomendasi pengembangan wilayah telah dijelaskan pada masing-masing unit geologi lingkungannya diatas. Secara umum dapat kita bagi rekomendasi pengembangan wilayah di wilayah Kecamatan Semen dan Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri, diantaranya adalah: Hutan Kering Sekunder yaitu pada wilayah morfologi satuan pegunungan sangat terjal; daerah perkebunan dan ladang pada daerah dengan morfologi satuan pegunungan terjal dan perbukitan agak terjal. Sedangkan untuk pemukiman wilayah dengan morfologi dataran dan lereng gunungapi adalah yang paling baik.

 

SARAN

Saran yang dapat disampaikan berkenaan dengan hasil penyelidikan Geologi Teknik dan Lingkungan di Wilayah kecamatan Mojo dan Kecamatan Semen, Kabupaten Kediri adalah:

  1. Pelaksanaan kebijakan yang tegas dan tepat dari pemerintah daerah terhadap kondisi penggalian-penggalian yang terdapat di wilayah lereng, agar tidak mengalami kerusakan lingkungan, sehingga dapat dimanfaatkan lebih optimal.
  2. Diperlukan kerjasama dan penggabungan data dari berbagai pihak serta instasi terkait untuk lebih menyempurnakan proses penyusunan rencana pengembangan wilayah di wilayah Kecamatan Mojo dan Kecamatan Semen, Kabupaten Kediri.

Pemanfaatan data hasil penelitian ini sebagai bahan pertimbangan dalam usaha penyusunan Rencana Tata Ruang Daerah, dalam hal ini yang berhubungan dengan potensi wilayah (potensi sumberdaya geologi) dan kerawanan bencana.


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: